Skip to main content

Review: The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Soothing Gel

Halo semua!
Setelah sekian lama ingin coba bikin review skincare, akhirnya jadi juga review produk pertamaku. Aku suka banget pakai produk aloe vera, sejak keracunan produk aloe vera-nya Nature Republic. Aloe vera gel mempunyai banyak manfaat. Tanaman berduri ini sudah dimanfaatkan sejak berabad-abad lalu, dan sekarang dipakai luas dalam bidang dermatologi.

Aloe vera punya banyak manfaat, antara lain antiinflamasi, moisturizing, antiseptik, antiaging, dan mempercepat penyembuhan luka. Semua manfaat ini didapat dari banyaknya kandungan bahan aktif yang terkandung dalam aloe vera. Gak nanggung-nanggung, ada sekitar 75 bahan aktif di dalam tanaman yang punya nama latin Aloe barbadensis ini.

Okay, untuk posting skincare pertamaku, aku mau bahas tentang produk dari The Saem, yaitu The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Soothing Gel. Produk ini digadang-gadang sebagai pesaing aloe vera Nature Republic, karena selain kandungan aloe veranya yang lebih banyak yaitu 99% (Nature Republic hanya 92%), produk dari The Saem ini juga bebas alkohol.

Aku membelinya seharga Rp 107.000 di sebuah marketplace di Indonesia. Mereka menjamin keaslian produk ini, karena dibeli langsung di counter The Saem. Menurutku harga segitu murah banget untuk produk sebanyak ini. Totally worth to buy.

Selain itu produk ini multifungsi banget. Bisa digunakan sebagai pelembab untuk wajah, badan, menyuburkan rambut (baik rambut kepala ataupun rambut alis), sebagai vitamin kuku, dan berbagai manfaat lain yang gak bisa kusebutkan satu persatu.

Kemasan

Kemasannya jar berwarna hijau yang transparan. Ukurannya cukup besar dan isinya banyak banget, 300 mL. Di belakang kemasan terdapat expired date dan keterangan produk dalam bahasa Korea, Inggris, dan Indonesia. Dengan kemasan seperti ini, tentu saja gak travel-friendly banget. Akhirnya aku memindahkannya ke pot kecil untuk penggunaan sehari-hari dan dibawa bepergian.
Oh iya, sebelum dibuka, aloe vera ini dibungkus plastik tipis untuk menjaga keutuhan kemasannya.

Setelah membuka tutupnya, ada lid yang memisahkan dan menahan agar gelnya tidak keluar. Sayang banget produk ini tidak memberikan spatula, alhasil aku pakai sendok bersih dan kering untuk memindahkan isinya ke pot kecil.

Komposisi

Satu hal yang menarik perhatianku untuk mencoba produk ini adalah tentu saja komposisi aloe veranya yang 99%! Yah walaupun kadang masih agak mikir-mikir juga, apa betul 99%? Artinya bahan campuran lainnya cuma 1% doang? hmm well let's try..

Ingredients:
Aloe barbadensis leaf extract, glycerin, portulaca oleracea extract, ocimum basilicum (basil) leaf extract, origanum vulgare leaf extract, salvia officinalis (sage) leaf extract, mentha viridis (spearmint) extract, melissa officinalis extract, saccharomyces/caragana sinica root ferment extract, simmondsia chinensis (jojoba) seed extract, hippophae rhamnoides extract, juglans regia (walnut) seed extract, persea gratissima (avocado) fruit extract, chamomilla recutita (matricaria) leaf extract, urtica dioica (nettle) extract, cnidium officinale root extract, angelica dahurica root extract, asarum sieboldi root extract, morus alba root extract, eclipta prostrata extract, polysorbate 20, carbomer, phenoxyethanol, chlorphenesin, potassium hydroxide, disodium EDTA, betaine, butylene glycol, perfume.

Aloe barbadensis leaf extract berada di urutan pertama dari daftar komposisi. Artinya memang bahan utama produk ini adalah aloe vera. Kemudian diikuti glycerin yang berfungsi sebagai emollient.
Kalau dilihat banyak banget ya plant extract yang digunakan pada produk ini, jadi aku gak akan menjelaskannya satu persatu. Secara umum, plant extract tersebut berfungsi sebagai antiinflammatory, antioxidant, moisturizer, dan astringent. Bahan-bahan campuran lain seperti preservatives dan perfume masih tergolong aman untuk kulit kita. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat di sini.

Tekstur

Produk ini teksturnya gel bening yang wanginya segar dan tidak menyengat. Saat diaplikasikan ke kulit, terasa ada sensasi soothing dan sejuk. Menurutku pemakaian gel ini akan lebih mantap kalau dimasukkan ke kulkas terlebih dahulu, jadi sensasi dinginnya benar-benar terasa☺️

Swatch


Gel ini terasa ringan dan cepat menyerap. Setelah dioleskan, kulit terasa lembab dan halus, tidak terasa lengket sama sekali. Produk ini biasa kugunakan di wajah untuk pelembab di pagi hari, selain itu juga kugunakan sebagai masker. Pas banget di cuaca yang panas begini, ademmmm banget.

Thoughts

Banyak yang bilang kalau produk ini lebih bagus daripada Nature Republic, karena kandungan aloe veranya lebih banyak dan no alcohol, sehingga aman untuk kulit sensitif. Aku sudah menggunakan aloe vera dari The Saem ini selama 3 minggu lebih. Sejujurnya aku kecewa dengan hasilnya di kulitku. Kulitku memang jadi sejuk dan lembab, seperti penggunaan moisturizer pada umumnya. Teksturnya yang ringan tidak menambah minyak di wajahku. Namun produk ini malah menimbulkan jerawat kistik yang susah banget hilangnya, selain itu lokasinya juga bukan di tempat yang biasa berjerawat ☹️. Jadi kuputuskan aku mengalami breakout yang cukup parah setelah menggunakan produk ini.

Untuk redness, pori-pori, dan komedo, tidak tampak perubahan yang berarti. Jerawat yang sudah ada juga tidak lebih cepat kering. Aku berharap lebih pada produk ini, karena sebelumnya aku menggunakan aloe vera dari Nature Republic dan jerawatku cenderung mereda. Aku pikir dengan kandungan aloe vera yang 99%, seharusnya lebih ampuh dalam mengatasi jerawat di wajahku, tapi hasilnya malah sebaliknya.
 

Conclusion

Pros
  1. Harganya murah, isinya banyak
  2. Tekstur gel ringan, cepat menyerap dan tidak lengket
  3. Melembabkan tanpa membuat wajah berminyak
  4. Multifungsi
Cons
  1. Kemasan besar dan gak travel-friendly
  2. Kurang higienis karena tidak ada spatula
  3. Menimbulkan breakout di wajahku ☹️
Repurchase? Absolutely no ☹️

Begitulah pengalamanku menggunakan The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Soothing Gel. Perlu diingat bahwa kondisi kulit masing-masing orang berbeda. Jadi bisa saja produk ini cocok di kulitmu.
Sekian review kali ini, semoga bermanfaat! ☺️♡





Comments

  1. Hai salam kenal ya :) kalo aku pake aloe vera gel dari nature republic. Udah coba?

    http://mybabypinkdiary.blogspot.com/?m=0

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo jugaa salam kenal :D aloe veranya nature republic adalah aloe vera pertama yg aku coba.

      Delete

Post a Comment