Skip to main content

Pentingnya Membersihkan Kulit Wajah

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita. Setiap hari terkena panas matahari, debu, polusi, belum lagi dilapisi berbagai macam kosmetik. Tentu saja kulit butuh dibersihkan! Proses cleansing yang teratur dapat mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit. Kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang cleansing kulit ^^.

Kenapa sih membersihkan kulit itu penting?

Membersihkan Kotoran
Manfaat umum dari cleansing adalah cleanse! Tentu saja untuk membersihkan, baik itu kotoran, minyak, sisa kosmetik, dan lainnya. Sepanjang hari, kulit wajah bisa dicemari oleh bakteri, polusi, virus, kotoran, dan sel kulit mati. Setelah proses cleansing, kulit akan bersih dan lebih segar, sehingga dapat menyerap produk perawatan lainnya dengan lebih baik.

Menghidrasi Kulit
Proses cleansing yang teratur diikuti dengan pelembab yang baik merupakan faktor penting untuk mempertahankan kadar kelembaban kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi akan terasa kasar, berkerut, dan menua. Cleansing membantu mempertahankan kadar pH kulit, sehingga memaksimalkan retensi air dan produk perawatan kulit.

Menghindari Masalah Kulit
Kelenjar di bawah kulit memproduksi minyak (sebum) untuk melindungi kulit. Kelenjar ini menggunakan folikel rambut sebagai jalur untuk mengeluarkan minyak ke permukaan kulit, yang nantinya membentuk barrier (pelindung) untuk mencegah masuknya bakteri ataupun zat berbahaya lainnya. 
Penumpukan kotoran dapat menyebabkan penyumbatan folikel, sebum, keringat, dan sel kulit mati. Jumlah sebum yang berkurang pada permukaan kulit mempermudah bakteri untuk masuk dan menyebabkan peradangan yang nantinya memicu jerawat.
Proses cleansing yang benar akan membersihkan pori dari kotoran, sehingga sebum dapat mencapai permukaan kulit dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Apa yang akan terjadi jika tidak membersihkan kulit wajah?

Pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan jerawat yang serius. Selain itu, masalah lain juga menanti, yaitu kemerahan, kulit kering, dan iritasi karena hidrasi yang kurang. Hasil akhirnya adalah kulit yang tampak kotor, berminyak, dan tampak lebih tua! Pada kasus yang lebih parah, akan muncul rasa gatal, sehingga sadar atau tidak, kita akan menggaruk kulit dan menjadi jalur masuknya infeksi!
Waduh, tidak mau kan kulit kita seperti itu?

Selain tiga hal di atas, masih ada beberapa manfaat cleansing yang tidak boleh kamu lewatkan:
  1. Pembersihan yang teratur akan menjaga kulitmu sehat dan bersinar.
  2. Pembersihan akan membantu kerja produk-produk anti-aging dan perawatan lainnya.
  3. Pembersihan membantu menyesuaikan ukuran pori kulit.
  4. Pembersihan membantu hidrasi kulit dan mencegah produksi minyak berlebih.
Jadi, dengan begitu banyaknya manfaat cleansing, apa masih mau malas mencuci muka?☺

Gambar 1. Membersihkan Wajah
(Sumber: www.westlakedermatology.com)

Yuk kita pelajari cara memilih pembersih wajah yang tepat!

  1. Ketahui jenis kulitmu. Jika kulitmu kering maka hindari pembersih dengan kandungan alkohol yang tinggi. Orang dengan kulit berminyak membutuhkan pembersih dengan pH yang lebih rendah. Sedangkan jika kulitmu sensitif, hindarilah kandungan pewangi dan bahan tambahan lainnya.
  2. Jenis pembersih juga penting loh. Pembersih jenis krim sangat cocok untuk kulit kering, sedangkan jenis gel atau foamy cleanser lebih baik digunakan oleh si kulit berminyak.
  3. Jika kamu menggunakan makeup yang tebal maka fokuslah pada produk yang dapat mengangkat semua sisa makeup tersebut. Misalnya gunakanlah teknik double cleansing untuk memastikan kulitmu benar-benar bersih!
  4. Jika kamu sering berolahraga, maka carilah produk yang dapat mengatasi sumbatan pori, misalnya gunakan peeling.
  5. Jika kulitmu sering mengalami reaksi alergi, maka carilah pembersih dengan bahan alami dan bebas zat kimia sintetis.
  6. Carilah pembersih dengan pH seimbang untuk menjaga keseimbangan kulitmu.

Bagaimana sih cara membersihkan wajah yang benar?

Membersihkan wajah dengan benar dapat memberikan perubahan yang signifikan untuk kulitmu! Berikut adalah cara yang direkomendasikan dari American Academy of Dermatology.
  1. Gunakan pembersih yang lembut, nonabrasif yang tidak mengandung alkohol.
  2. Basahi wajah dengan air hangat (bukan air panas ya!) dan gunakan ujung-ujung jarimu untuk mengoleskan pembersih. Jangan gunakan waslap, spons, atau apapun selain ujung jari karena dapat mengiritasi kulit.
  3. Jangan menggosok kulit terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.
  4. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk yang lembut. Jangan digosok ya, karena sekali lagi, gosokan yang terlalu keras (bahkan dengan handuk) dapat menyebabkan iritasi.
  5. Oleskan pelembab pada kulit wajahmu. Untuk daerah mata, lakukan dengan lembut karena area ini merupakan area sensitif.
  6. Batasi mencuci wajah maksimal 2 kali sehari dan setelah berkeringat. Lakukan satu kali di pagi dan malam hari, serta setelah berkeringat. Keringat dapat mengiritasi kulit, maka setelahnya langsung bersihkan wajahmu ya!
Jadi, sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya membersihkan wajah? Ayo mulai rawat kulitmu dari sekarang! 
Terima kasih, semoga bermanfaat ❤☺


Daftar Pustaka
American Academy of Dermatology. 2017. Face Washing 101. Retrieved Jan 20, 2018, from https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/face-washing-101
WD Staff. 2014. Skin Cleansing 101: Why Washing Your Face is Important. Retrieved Jan 19, 2018, from https://www.westlakedermatology.com/blog/skin-cleansing-101-why-washing-your-face-is-important/

Comments